(akhirnya) terimakasih..

Terimakasih yang tidak akan pernah ada habisnya saya ucapkan untuk mereka yang memberikan saya wujud kesempurnaan dalam keluarga. Drs. Abdul Rivai, Msi dengan semua pelajaran bijak dan rasionalnya serta dukungan moril materil sebagai seorang papah yang sempurna; Ir. Delya Arnainy yang selalu menjadi inspirasi akan wujud cinta dan kasih sayang tanpa akhir sebagai seorang mamah dan sosok wanita luar biasa. Muhammad Reza Anwar Nurdin dan Rilya Krisnawati, yang selalu memberi dukungan sekaligus kebanggaan pada saya sebagai seorang kakak. Kakek dan Oma, yang tidak pernah bosan memberikan dukungannya berupa asupan energi melalui kiriman makanan-makanan enak yang jadi masterpiecenya.

Terimakasih untuk beliau yang luar biasa pintar, Donna Asteria, S.Sos, M.Hum. Pembimbing yang selalu sabar membagikan ilmunya dengan semangat yang optimis, memberi ketenangan dan waktunya untuk mendengarkan keluh kesah seputar pengerjaan skripsi ini yang sudah sangat lebih dari sekedar bimbingan.

Terimakasih untuk tim penguji saya yang telah mewujudkan persidangan mendadak dengan tenang dan lancar. D. Chandra Kirana, S.Sos, Msi, sebagai penguji ahli yang luar biasa baik hati, bersedia menerima skripsi kebut semalam sebelum sidang. Dra. Ken Reciana, M.A. dan Drs. Helmi Qodrat Ichtiat, M.Si. Selaku ketua sidang dan sekertaris sidang yang telah memberikan saran dan masukannya untuk menyempurnakan skripsi ini. Serta sebagai ketua jurusan dan wakil ketua jurusan yang telah memberikan kelulusan saya dengan proses birokrasi yang sangat dimudahkan sehingga proses kelulusan saya memiliki cerita yang luarbiasa. Tidak lupa, terimakasih pada Mas Gugi dan Mbak Indah, jasa-jasa mereka sungguh tiada tara.

Terimakasih untuk seluruh dosen dan staf pengajar di jurusan S1 reguler Ilmu Komunikasi FISIP UI, khususnya dosen dan staf pengajar di program studi periklanan. Drs. Hari Radiawan, MA. selaku ketua sidang proposal skripsi, atas saran, masukan, konsultasi, serta buku-buku referensi yang dipinjamkannya; Drs. Alie Djahri, selaku Penasihat Akademik, atas wejangan-wejangan hidupnya.

Terimakasih untuk Tante Ita D. Azly, psikolog anak yang telah memberikan waktunya untuk memberikan pengetahuannya dan menerima konsultasi untuk memberi masukan untuk penelitian saya ini, sehingga menambah kredibilitas dari penelitian ini.

Terimakasih untuk para informan yang telah menjadi potongan terbesar dari kue penelitian ini, juga keluarga mereka yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadikan anak-anak mereka sebagai informan dengan mengajak mereka ke Kidzania sebelumnya dan juga mereka, yang mengenalkan saya dengan adik-adik mereka ini: Alldhika Ganesha, kakak dari Kenjiro; Wesky Putra Pratama, kakak dari Arvin; Agung Nugroho, Om dari Santi.

Terimakasih untuk Wisnu Trihatmojo, Kerry Rizza, dan Anikha Sutoyo, yang telah memberikan waktunya ditengah-tengah kesibukan untuk sedikit bercerita tentang Kidzania, dan memberi saya kesempatan untuk masuk ke Kidzania untuk melakukan observasi langsung.

Terimakasih untuk teman-teman KOM UI 2005 yang paling hebat. Kartika Oktaviana dan Krisanti Tiara Putri, kakak dan adik saya dengan kesamaan bentuk mata namun berbeda etnis yang telah lebih dulu jadi sarjana sekaligus motivator terbesar untuk saya segera menyusul; Kartika Dian Fransiska, yang membuat saya bersyukur selalu memiliki teman dalam melintasi jarak dan waktu, hingga ruang dan massa; Yogara Fernandez, atas tulang rusuk sementaranya, terutama bantuan dan ketenangannya pada hari fenomenal pengumpulan skripsi; Anindita Dwi Puspita, atas resep senyumannya dan bumbu-bumbu seolah-olah hasil bakaran dedaunannya; Ratri Nininditya, atas beberapa malam di ruang tamu Cisitunya, yang membawa perkembangan signifikan pada skripsi ini beserta hidup saya; Rinaldi Ridwan, atas pencerahannya dan segala bentuk bantuannya yang luar biasa berarti bagi saya dan penelitian ini; mereka yang selalu mau mendengarkan, berkomentar, menemani, menerima racauan, bekerjasama, bersenang-senang dan juga bersusah-susah dalam berbagai macam tujuan dan keadaan: Prabowie, Nugroho Budiyanto, Devina Yunindya, Lenitya, Alvina, Dina Bogelita, Ayu dan Samantha, Rulliyanna, Moti dan Aska, Renaldi Denada, Afra Suci, Emelia, Niken, Angguni, Ghea, Tichu, Anindhitya Sasti, Viola, Dimas Priyambudi, Kumoro, Ciwil, Ressa, Afrig, Zizi, Zara serta kalian semua KOM 2005, manusia-manusia hebat luar biasa yang tidak dapat saya sebutkan semuanya disini satu per satu. Tidak lupa juga terimakasih untuk “Orang Tua” kami, KOM ’03 atas 6 bulannya yang luar biasa, dan membuat kami menjadi manusia-manusia luar biasa, juga teman-teman HMIK, dan seluruh teman-teman dari Komunikasi UI dari angkatan 2002, 2004, 2006, 2007, 2008 serta alumni-alumni 2002+.

Terimakasih untuk Rekan-rekan di ISAFIS, rekan-rekan di Highscope ECEP, rekan-rekan di LOWE, rekan-rekan di Ogilvy PR, atas pengalaman berharganya yang akan membawa manfaat bagi perkembangan hidup saya.

Trimakasih untuk Christine Evans, Santri Handayani, Irna Sylviana, Otriana, Shameira, Runi Anggia, dan semua penghuni Asrama Putri Puri Dewitri yang selama tiga setengah tahun masa kuliah telah menjadi rumah kedua untuk pulang.

Terimakasih untuk kalian yang telah merelakan diri untuk diakui sebagai sahabat, yang terbaik, yang selalu ada, menerima, dan mengerti saya dalam keadaan apa saja, Panji Prawimsya, Adisti Mayora, Anetta Hasan, Dinda Ayu Wibowo, Anggun Dwiananti, Maria Summayah, Athia Diana, Guntur Prabowo, dan keluarganya masing-masing.

Terimakasih untuk kalian yang telah menemani mengobrol, mendengarkan keluhan-keluhan, menemani jalan-jalan, menyemangati, menerima konsultasi, mendengarkan cerita dan memberikan banyak masukan pemikiran, hiburan dan bersenang-senang selama masa pengerjaan skripsi ini serta sebelum dan sesudahnya, Sthira Pradipta, Obi Obyandi, Gadis Ranty, Andre Madian, Andri Madian, Reyhan Leonhart, Alam Lesesne, Rizuli Mulia, Malik Krisna, Abdillah Tadjoedin, Arief Setiabudi, Abraham Marwan, Nanini Mamonto, Yudo Prathama, Novi Kresna Murti, Tito Ariesto, Reza Asril, Uty Listya; Para musisi mandiri yang super canggih dan mantab: Andhika Triyadi, yang telah berbaik hati mengenalkan pada dunianya, Eddie Mohammad, Andre Achin, Maulana krawal, Kiki, Adityar Andra dan THE AFTERMILES, beserta Zico the Spammer, dan para angelsnya Astrid Karina, Britta Hardiyanti, Melina Sinurat; Nadya Fatira; Cindra Rizki Fauzi dan RIMS-nya, Teguh Wicaksono dan TTaTW-nya; dan seluruh pekerja seni di dunia yang telah memberi inspirasi.

Terimakasih juga untuk mereka yang pernah berada disamping penulis selama menjalani masa kuliah, semoga kebahagiaan selalu bersama mereka semua: Riszky Baisal Risyad, atas dukungan dan semangatnya yang tidak pernah berubah; Dimas Isyanuar Kurniawan, atas satu setengah tahunnya yang memberikan banyak inspirasi dan visi untuk selalu jadi lebih baik; Adhizeza Nandra Iqradhi, atas satu tahunnya yang penuh warna dan kehangatan.

Terimakasih untuk Arsyan Rizka Syafarman, atas kehadirannya memberikan sentuhan pada bab empat skripsi ini, juga untuk dukungan dan bawelannya.

Terimakasih dalam kotak multirasa untuk dia yang belum bisa disebutkan namanya. My Imagination in person. The Automatic Casino Machine. Karena dengan mesin bernafas ini, akhirnya saya bisa menciptakan kebahagiaan oleh dan untuk diri sendiri.

Terakhir, namun yang terbanyak. Terimakasih pada skripsi ini sendiri. Penelitian yang sangat manis ini, membuat setahun terakhir dari empat tahun masa kuliah saya menjadi sangat berharga, menyenangkan, dan penuh pengalaman. Penghargaan sebesar-besarnya untuk si laptop hitam yang sudah sangat setia, menemani saya, membantu, mempermudah, rela ditatap tanpa bosan, dan diperlakukan semena-mena tanpa keluhan. Rasa syukur tidak akah pernah berhenti saya sampaikan pada Allah SWT, atas hadiah terhebat-Nya untuk saya, kehidupan yang mendekati sempurna.

Terimakasih...

:)

Komentar

Unknown mengatakan…
wesky: tak disangka tak dinyana..
ternyata mpie bikin blog dan nama gw jadi nongol di gugel.. ehehe..