mengantar kata..

Konsep cerdas yang ditawarkan Kidzania sebagai taman bermain yang memiliki fungsi lebih sebagai media promosi telah memberikan saya ide untuk topik penelitian ini. Unsur pendidikan, pengalaman tentang kehidupan, dan pola konsumsi pada anak-anak yang digabungkan dengan strategi-strategi pemasaran menarik saya untuk meneliti kasus Kidzania lebih lanjut.

Dua semester adalah waktu yang cukup panjang dan sangat bermakna dalam proses pengerjaan penelitian ini. Skripsi ini adalah salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Sosial pada program studi Periklanan, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia. Namun, dibalik prosesnya, skripsi ini memiliki makna yang jauh lebih daripada sekedar syarat untuk mencapai gelar Sarjana. Proses penyelesaian skripsi ini merupakan proses pengembangan diri, proses pendewasaan diri saya yang di dalamnya bercampur nilai-nilai tanggung jawab, konsistensi, kesabaran, keikhlasan, perjuangan, dan berbagai macam nilai dan rasa lainnya. Proses tersebut juga berkaitan dengan berbagai pihak selain diri saya sendiri. Pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah memiliki peranan yang luarbiasa bagi saya dan hidup saya, khususnya dalam terselesaikannya skripsi ini dan masa perkuliahan saya. Saya berharap penelitian ini juga dapat bermanfaat bagi orang lain, khususnya pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini.

Oleh karena itu puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya, serta sentuhan keajaiban-keajaiban yang selalu diberikanNya pada hidup saya, termasuk pada proses penyelesaian skripsi ini.

Depok, 2009
Devi Krisnawati

Komentar